Wednesday, January 11, 2017

METODE DESAIN

Metode Desain Adalah :

  • Proses multi langkah di mana representasi struktur data, struktur program, karakteristik interface, dan detail prosedur disintesis dari persyaratan informasi
  • Metode yang dibutuhkan untuk membuat masing2 lapisan model desain (desain data -> desain interface ->desain arsitektural ->desain prosedural)
  • Sasaran -> memberikan suatu pendekatan sistematis bagi penarikan desain – cetak biru untuk membangun suatu PL

Bagian Penting Dalam Metode Desain Perangkat Lunak 

  • Desain data
  • Desain arsitektur
  • Proses desain arsitektur
  • Pemetaan transformasi
  • Pemetaan transaksi
  • Pasca pemrosesan desain
  • Optimasi desain arsitektur
  • Desain interface
  • Desain interface manusia-mesin
  • Pedoman desain interface
  • Desain prosedural

Prinsip yang dapat digunakan untuk menentukan dan mendesain data

  • Prinsip analisis sistematik yg diaplikasikan pada fungsi & perilaku seharusnya diaplikasikan juga pada data
  • Semua struktur data & operasi yg akan dilakukan pd masing2 struktur data harus diidentifikasi
  • Kamus data harus dibangun dan digunakan untuk menentukan baik data maupun desain program
  • Keputusan desain data tingkat rendah harus ditunda sampai akhir proses desain
  • Representasi struktur data hanya boleh diketahui oleh modul - modul yang harus digunakan secara langsung data yg diisikan di dalam struktur tersebut
  • Pustaka stuktur data dan operasi yg berguna yang dapat diaplikasikan pada stuktur data tersebut harus dikembangkan
  • Desain PL dan bahasa pemrograman harus medukung spesifikasi dan realisasi dari tipe2 data abstrak


Desain arsitektur Adalah

  • Sasaran -> Untuk mengembangkan struktur program modular dan merepresentasikan hubungan kontrol antar modul
  • Membentuk struktur program dan struktur data dengan menentukan interface yg memungkinkan data mengalir melalui program
  • Kontributor -> konsep desain awal yg menekankan pd modularitas, desain top-down dan structural programming
  • Area aplikasi ->semua PL dapat direpresentasikan o/ suatu DAD, maka metode desain yg menggunakan diagram dpt secara teoritis diaplikasikan pd pengembangan PL


Proses desain arsitektur

  • Desain yg berorientasi pd aliran data merupakan suatu metode desain arsitektur yg mengijinkan transisi yg baik dari model analisis ke deskripsi desain dari struktur program
  • Transisi dari aliran informasi (DAD):
  • Tipe aliran informasi dibangun
  • Batas aliran diindikasikan
  • DFD dipetakan ke dalam struktur program
  • Hirarki kontrol ditentukan dengan pemfaktoran
  • Struktur resultan disaring dengan menggunakan pengukuran desain

Pemetaan Transformasi


Serangkaian langkah desain yg mengijinkan sebuah DFD dengan karakteristik aliran informasi u/ dipetakan ke dalam template yg telah ditentukan sebelumnya u/ struktur program
Sebuah contoh

Langkah2 desain


  •     Langkah1: kajilah model sistem fundamental (mencakup DFD tingkat 0 dan informasi yg mendukung)
  •     Langkah2: kajilah dan saring diagram aliran u/ Pl tsb (lanjut ke DFD tingkat2)
  •     Langkah3: tentukan apakah DFD memiliki karakteristik aliran transformasi dan transaksi (DFD tingkat 3)
  •     Langkah4: Isolasi pusat transformasi dengan mengkhususkan batas aliran masuk dan keluar
  •     Langkah5: “pemfaktoran tingkat pertama” (pemfaktoran menghasilkan struktur program di mana modul tingkat puncak membuat keputusan, modul bawah melakukan kerja input, komputasi, input dan menengah menjalankan beberapa kontrol dan sejumlah kerja)
  •     Langkah6: lakukan pemfaktoran tingkat 2, dengan memetakan transformasi (gelembung) individual dari suatu DFD ke dalam modul2 yg sesuai dlm struktur program
  •     Langkah7: saringlah struktur program iterasi pertama dengan menggunakan heuristik desain bagi kualitas PL yg telah ditingkatkan

No comments:

Post a Comment