Metode Desain Adalah :
- Proses multi langkah di mana representasi struktur data, struktur program, karakteristik interface, dan detail prosedur disintesis dari persyaratan informasi
- Metode yang dibutuhkan untuk membuat masing2 lapisan model desain (desain data -> desain interface ->desain arsitektural ->desain prosedural)
- Sasaran -> memberikan suatu pendekatan sistematis bagi penarikan desain – cetak biru untuk membangun suatu PL
Bagian Penting Dalam Metode Desain Perangkat Lunak
- Desain data
- Desain arsitektur
- Proses desain arsitektur
- Pemetaan transformasi
- Pemetaan transaksi
- Pasca pemrosesan desain
- Optimasi desain arsitektur
- Desain interface
- Desain interface manusia-mesin
- Pedoman desain interface
- Desain prosedural
Prinsip yang dapat digunakan untuk menentukan dan mendesain data
- Prinsip analisis sistematik yg diaplikasikan pada fungsi & perilaku seharusnya diaplikasikan juga pada data
- Semua struktur data & operasi yg akan dilakukan pd masing2 struktur data harus diidentifikasi
- Kamus data harus dibangun dan digunakan untuk menentukan baik data maupun desain program
- Keputusan desain data tingkat rendah harus ditunda sampai akhir proses desain
- Representasi struktur data hanya boleh diketahui oleh modul - modul yang harus digunakan secara langsung data yg diisikan di dalam struktur tersebut
- Pustaka stuktur data dan operasi yg berguna yang dapat diaplikasikan pada stuktur data tersebut harus dikembangkan
- Desain PL dan bahasa pemrograman harus medukung spesifikasi dan realisasi dari tipe2 data abstrak
Desain arsitektur Adalah
- Sasaran -> Untuk mengembangkan struktur program modular dan merepresentasikan hubungan kontrol antar modul
- Membentuk struktur program dan struktur data dengan menentukan interface yg memungkinkan data mengalir melalui program
- Kontributor -> konsep desain awal yg menekankan pd modularitas, desain top-down dan structural programming
- Area aplikasi ->semua PL dapat direpresentasikan o/ suatu DAD, maka metode desain yg menggunakan diagram dpt secara teoritis diaplikasikan pd pengembangan PL
Proses desain arsitektur
- Desain yg berorientasi pd aliran data merupakan suatu metode desain arsitektur yg mengijinkan transisi yg baik dari model analisis ke deskripsi desain dari struktur program
- Transisi dari aliran informasi (DAD):
- Tipe aliran informasi dibangun
- Batas aliran diindikasikan
- DFD dipetakan ke dalam struktur program
- Hirarki kontrol ditentukan dengan pemfaktoran
- Struktur resultan disaring dengan menggunakan pengukuran desain
Pemetaan Transformasi
Serangkaian langkah desain yg mengijinkan sebuah DFD dengan karakteristik aliran informasi u/ dipetakan ke dalam template yg telah ditentukan sebelumnya u/ struktur program
Sebuah contoh
Langkah2 desain
- Langkah1: kajilah model sistem fundamental (mencakup DFD tingkat 0 dan informasi yg mendukung)
- Langkah2: kajilah dan saring diagram aliran u/ Pl tsb (lanjut ke DFD tingkat2)
- Langkah3: tentukan apakah DFD memiliki karakteristik aliran transformasi dan transaksi (DFD tingkat 3)
- Langkah4: Isolasi pusat transformasi dengan mengkhususkan batas aliran masuk dan keluar
- Langkah5: “pemfaktoran tingkat pertama” (pemfaktoran menghasilkan struktur program di mana modul tingkat puncak membuat keputusan, modul bawah melakukan kerja input, komputasi, input dan menengah menjalankan beberapa kontrol dan sejumlah kerja)
- Langkah6: lakukan pemfaktoran tingkat 2, dengan memetakan transformasi (gelembung) individual dari suatu DFD ke dalam modul2 yg sesuai dlm struktur program
- Langkah7: saringlah struktur program iterasi pertama dengan menggunakan heuristik desain bagi kualitas PL yg telah ditingkatkan
No comments:
Post a Comment